Tuesday, May 12, 2015

Kesasar - 25 April 2015

"... tujuannya adalah tanah subur di timur nun jauh dari daratan tempat tinggalnya, menjelajahi dunia dari keingintahuannya yang tinggi. Proposalnya dibawa kemana-mana.

Setelah ditolak raja Portugis dan Inggris, pria ini akhirnya berhasil mendapatkan kepercayaan ratu Spanyol. Pada kemudian hari setelah menjelajahi samudra berbulan-bulan, ia mendarat di sebuah tempat.
"India!" Ia berseru kepada semua awal kapalnya. "Kita telah mendarat di India". Tapi ternyata dia mendarat di benua yang bukan menjadi harapannya. Benua yang kelak dinamakan Amerika.

Lalu dia kembali ke Spanyol, menghadap Ratu Isabel. Menjadi bahan cemoohan penjelajah lain yang merasa lebih lihai dalam menentukan rute menuju tanjung Harapan, tanah yang sudah dekat dengan India.
Tapi alih-alih dihukum karena tersasar, Pria ini, Christopher Colombus diberi penghargaan oleh raja Ferdinand dan ratu Isabel. Bahkan hingga kini namanya dikenal sebagai penemu benua Amerika.

Saat dicemooh, Columbus hanya berkata,"kalau saya tak pernah mau kesasar, kalian tak pernah menemukan jalan yang baru".
--------------
Dipersembahkan untuk teman-teman yang (sedang) lesu di hari Sabtu, lelah berfikir, bosan dan -mungkin- takut kesasar. Dikutip dari BUKU "30 Paspor di Kelas Sang Professor-Kisah Anak-anak Muda Kesasar di Empat Benua", JS Khairen, Hal vii-viii.

No comments:

Post a Comment