Monday, December 8, 2014

Hanya Mengutip, 8 November 2014

HANYA MENGUTIP. Ide, entah kenapa, malas datang di malam minggu. Tapi baiklah, daripada kosong wall ku ini, aku kutip saja sebuah kisah.
----------------------------------------------------------------------------------------------
...Alkisah, sebuah kapal kecil mengalami kecelakaan di laut. dari sekian banyak penumpang yang menjadi korban, ada seorang yang pandai berenang sehingga berhasil menyelamatkan diri ke sebuah pulau terpencil, tak berpenghuni.

Di pulau itu, dengan sabar dia menunggu kalau-kalau ada kapal yang mampir. Di pulau itu sering turun hujan lebat, dan ketika sedang cerah, cuaca sangat panas. Oleh karena itu dia membuat gubuk untuk bernaung dari terik panas matahari dan curah hujan.

Dia bertahan hidup dengan mencari buah-buahan, menangkap ikan, dan rajin berdoa kepada Tuhan : semoga segera datang pertolongan. Namun, lama dia berdoa, belum juga ada tanda-tanda datangnya pertolongan.

Suatu hari, setelah seharian mencari kayu dan buah-buahan, gubuknya terbakar. Dia menangis pilu,"Ya, Tuhan, apa salah dan dosaku? Tega nian Engkau melakukan ini kepadaku. Satu-satunya milikku hanyalah gubuk ini untuk bertahan hidup, tetapi sekarang terbakar."

Besok paginya, masih dalam keadaan sedih karena gubuknya terbakar, dia melihat ada kapal mendekat ke pulau itu yang datang menawarkan pertolongan. Dia kaget sekaligus gembira.
Dia pun bertanya awak kapal penolong,"darimana saudara tahu bahwa saya sudah lama terdampar di pulau ini, dan siang malam berdoa kepada Tuhan menunggu pertolongan?"

Si penolong pun menjawab,"Aku melihat asap membubung dari pulau ini. Aku yakin pasti ada seseorang yang memerlukan pertolongan, aku pun datang ke sini, dan dugaanku benar. ayo segera naik, kita kembali ke daratan".

(Dikutip dari Bab : Gubukku Terbakar, Hal : 268-269, Buku : PATH of LIFE, Komaruddin Hidayat, 2014)
--------------------------------------------------------------------------
Hikmahnya : Pertama, Kadang pertolongan datang didahului dari sebuah "penampakan" bernama cobaan. Perlu kepekaan kalau sudah mengalami ini. Kedua, sekalipun rajin berdoa jika tidak disertai usaha rasional dan sungguh-sungguh, tak akan terjadi keajaiban. Seperti masuk ATM, pencet PIN-nya salah maka uangnya tak bakalan keluar.
Semoga yang membaca, malam minggu ini bisa sok bijak dan sok alim seperti saya malam ini.

No comments:

Post a Comment